logo kbm

Menghafal Al-Qur'an Sebagai Proses Awal Untuk Memahani Kandungannya

Pemuda Hafiz Qur'an » Menghafal Al-Qur'an Sebagai Proses Awal Untuk Memahani Kandungannya

Menghafal Al-Qur'an boleh dikatakan sebagai langkah awal dalam suatu proses penelitian akbar yang dilakukan oleh para penghafal tentang kandungan ilmu-ilmu Al-Qur'an, tentunya setelah proses dasar membaaca Al-Qur'an dengan baik dan benar. dalam hal ini proses menghafal Al-Qur'an pada garis besarnya dapat dilakukan dengan dua jalan.

  1.  Menghafal terlebih dahulu walaupun penghafal sendiri belum mengetaui tentang seluk beluk ulumul-Qur'an, gaya bahasa, atau makna yang terkandung didalamnya, selain hanya bisa membacanya dengan baik. Penghafal seperti ini biasanya mengandalkan pada kecermatan memperhatikan bunyi ayat-ayat yang hendak dihafalkannya. Artinya, asal sudah bisa membaca dengan baik sesuai dengan tajwidnya maka mulailah ia menghafal Al-Qur'an.
  2. Terlebih dahulu mempelajari uslub bahasa dengan mendalami Bahasan Arab dengan segala aspeknya sebelum menghafal, sehingga apabila telah dianggap cukup memahami tentang Bahasa Arab dan banyak mengkaji kitab-kitab sebagi pendukung dalam proses menghafal maka ia pun emudian berangkat menghafal Al-Qur'an. Cara seperti ini akan lebih bagus karena akan banyak memberikan keuntungan dan kemudahan dalam memahami isi kandungan ayat-ayat yang dibacanya. Bagaimana mungkin seseorang dapat menyelami lautan ilmu yang terkandung dalam Al-Qur'an yang penuh dengan rahasia hanya lalu diatas huruf-huruf dan kalimat-kalimatnya tanpa terjun mendalami dan memperlengkapi alat-alat yang diperlukan.

0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar