logo kbm

Keburukan Orang yang Enggan Membaca AlQur'an


Pemuda Hafidz Qur'an » Keburukan Orang yang Enggan Membaca AlQur'an | Setelah saya mengenalkan salah satu Hafidz Muda Kebanggaa Indonesia, Keutamaan Menghafal Al-Qur'an dan masih banyak lagi, mungkin posting kali ini tidak kalah penting dari posting-posting sebelumnya. Pasalnya saya akan sedikit mengulas tentang Keburukan Orang yang Enggan Membaca Al-Qur'an.

Dalam Al-Qur'an secara jelas sekali telah disinggung bahwa Al-Qur'an diturunkan adalah sebagai tadzkirah dan bukan mencelakakan manusia. Seperti dalam firman Allah :
"Thaahaa. Kami tidak menurunkan Al-Qur'an ini kepadamu agar kamu menjadi susah. tatapi sebagai peringatan bagi orang-orang yang takut kepada Allah." (QS. Thaahaa/20 : 1-3).

Orang yang berpaling dati tadzkirah Allah adalah orang yang akan menghadapi kehidupan yang susah baik didunia dan diakhrat. Sebagaimana Firman Allah :

"Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan kami akan menghidupkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta." (QS. Thaahaa/20 : 124).

Rasulullah saw. bersabda :
"Dari Ibnu Abbas r.a ia berkata : Rasulullah saw. bersabda : Sesungguhnya orang yang didalam dadanya tidak ada Al-Qur'an sma sekali, tak ubahnynya seperti rumah yang rusak" (HR. Tirmidzi, Ahmad bin Hanbal, Al-Hakim dan Ad-Daruqutni. Menurut Tirmidzi hadits ini shahih).

Rasulullah saw. bersabda :
"Dari Ibnu Umar ra, sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda : Perbanyaklah membaca Al-Qur'an di rumah-rumah kalian. Sebab rumah kalian yang tidak pernah dipakai untuk membaca Al-Qur'an akan sedikit kebaikannya dan banyak keburukannya, dan penghuninya akan selalu dalam kesusahan" (HR. At-Thabrani).

Mengingat begitu besarnya nilai Al-Qur'an dalam jiwa dan kehidupan kita di dunia maupun di akhirat, maka Rasulullah dalam banyak hadits memerintahkan agar senantiasa membaca Al-Qur'an, ekurang-kurangnya setiap empat puluh hari sekali Khatam, atau setiap bulan atau setiap seminggu sekali Khatam, sehingga hati kita benar-benar akan terisi oleh ayat-ayat Al-Qur'an.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar